Kepala DPUPRPKP Kota Malang, Hadi Santoso saat melakukan paparan proyek kegiatan di Kecamatan Sukun (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kepala DPUPRPKP Kota Malang, Hadi Santoso saat melakukan paparan proyek kegiatan di Kecamatan Sukun (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, hari ini (15/1/2020) melakukan paparan proyek pekerjaan yang akan dikerjakan di Kecamatan Sukun pada 2020.

Dalam kegiatan tersebut, satu persatu perwakilan kelurahan yang diwakili lurah maupun masyarakat, menyampaikan usulan baru maupun koreksi proyek yang akan dikerjakan DPUPRPKP pada 2020.

Kepala DPUPRPKP, Hadi Santoso, menjelaskan jika kegiatan ini memang dilakukan untuk menampung usulan baru, berdiskusi atau koreksi dari masyarakat dimana tempat lokasi proyek, dan apa saja jenis pekerjaannya, agar sesuai harapan dan menjadi kesepakatan bersama.

"Apa yang ditampilkan (paparkan) di sini akan dikerjakan cepat tahun ini. Nah sebelum kami laksanakan, ini kami ingin koreksi dari masyarakat," ungkap pria yang akrab disapa Soni ini.

Dan terbukti saat paparan memang ada koreksi, baik itu terdapat proyek sudah ada yang dikerjakan ataupun koreksi mengenai titik serta kejelasan posisi, nama titik yang akan dikerjakan.

"Kan ini sudah masuk Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) kami yang disusun 2019 kemarin. Nah akhirnya kalau terjadi seperti ini koreksi, ya di Anggaran Pendapatan dan Belanaja Daerah (APBD) Perubahan. Nama identitas kegiatan, misal kalau RT RW itu kan susah, harus nama jalan karena nanti begitu dibangun harus bisa masuk data aset," jelasnya.

"Dan ini kami sambungkan anggaran kelurahan yang lain kalau ada kaitan infrastruktur bisa menggunakan Detail Engineering Design (DED)," tambahnya.

Sementara itu, Camat Sukun, I Ketut Widi E Wirawan, menambahkan, jika pihaknya berharap agar pelaksanaan atau eksekusi hasil dari Musrenbang ini bisa terlaksana dengan lancar.

Kemudian pihaknya juga berharap, agar terlaksananya pengerjaan proyek ini bisa cepat dilakukan. Sehingga masyarakat pun bisa segera merasakan manfaat atas upaya pemerintah memperbaiki infrastruktur khususnya di Kecamatan Sukun.

"Misalkan seperti gorong-gorong kan saat ini banyak sekali dibutuhkan oleh masyarakat. Apalagi bertepatan dengan musim hujan yang cukup tinggi, dan tentunya diharapkan hal itu bisa menanggulangi genangan-genangan. Semakin cepat semakin bagus," bebernya.

"Kami atas nama masyarakat dari 11 kelurahan di Kecamatan Sukun mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada DPUPRPKP akan segera terlaksananya sejumlah proyek insfrastruktur di Kecamatan Sukun," tambahnya.

Sementara itu, dalam kegiatan tersebut dipaparkan sejumlah proyek yang akan dikerjakan DPUPRPKP pada setiap kelurahan di Kecamatan Sukun. Paparan dilakukan dengan menunjukkan kegiatan proyek apa saja yang dikerjakan di masing-masing kelurahan.

Kegiatan tersebut dihadiri perwakilan dari 11 kelurahan, mulai dari masyarakat, Lurah, BKM, LPMK dan unsur lain. Terdapat sekitar 85 orang yang hadir dalam kegiatan tersebut. Di sana, para perwakilan masing-masing kelurahan, juga menyampaikan usulan-usulan dari masing-masing kelurahan, tentang proyek-proyek yang akan dilakukan DPUPRPKP.