Potongan gambar CCTV yang menampakkan pelaku saat mulai masuk kedalam cafe (ist)
Potongan gambar CCTV yang menampakkan pelaku saat mulai masuk kedalam cafe (ist)

Room Kopi, sebuah cafe yang berada di kawasan Jalan Joyotambaksari 32, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, disatroni oleh dua pencuri pada Senin pagi (11/11/2019), sekitar pukul 05.47 wib. Tiga smartphone milik teman pemilik cafe raib digondol maling yang terekam CCTV. Dalam rekaman itu, pelaku terlihat mengenakan sarung.

Informasi yang diperoleh MalangTIMES, kejadian tersebut pertama kali diketahui oleh korban bernama Awan Alemba (30) yang juga teman pemilik kafe dan saat itu tengah menginap bersama dengan beberapa teman lainnya di Room Kopi.

Saat sekitar pukul 06.00 pagi, ia terbangun dan akan mengecek hp miliknya. Namun betapa kagetnya ia ketika mendapati hp yang sebelumnya diletakkan di meja di dekat lokasi ia tidur, sudah tak diketahui keberadaannya.

Dari situ, ia kemudian bertanya kepada pemilik cafe mengenai keberadaan HP miliknya, namun pemilik cafe tidak mengetahui keberadaan HP korban. Setelah itu, rekan korban lain, yakni Adi (30) kehilangan hp yang ia letakkan tak jauh dari tempatnya tidur.

"Ya itu, awalnya mulai jam 02.00 wib ada enam orang yang ada di cafe, kemudian dua orang tidur, empat orang masih nongkrong. Semetara tiga orang kemudian pulang dan tak lama satu orang tidur, satu lagi masih menyaksikan pertandingan bola sampai pukul 04.30 wib, setelah itu tidur, nah malingnya beraksi jam 05.47 itu," jelas Awan, warga asli Jalan Sumpil, Blimbing, Kota Malang

Setelah mencoba mencari tak ditemukan, korban kemudian berinisiatif untuk melakukan pengecekan CCTV milik sebuah minimarket yang lokasinya tepat berada di depan cafe.

Dan saat dilihat di dalam rekaman CCTV, benar saja di situ dilihat dua orang pria yang mengendarai satu kendaraan terlihat melintas di depan cafe tersebut. Tak lama kemudian dua pria yang melintas dengan menggunakan kendaraan berwarna putih tersebut,  berbalik ke arah melintas kembali di depan cafe.

Satu pelaku terlihat menggunakan sarung turun dan  mendekati pagar dari cafe. Seperti sudah hafal dengan situasi sekitar, tanpa ragu pelaku masuk. Namun pelaku sempat kembali lagi menghampiri satu pelaku lainnya yang juga bersarung menyerahkan helm yang ia pakai dan kembali masuk.

Tak butuh waktu lama, karena saat itu para korban masih terlelap tidur, pelaku dengan bebas bisa beraksi. Pelaku kemudian keluar dan langsung menghampiri pelaku lainnya yang sudah menunggu di atas motor, kemudian segera bergegas pergi membawa barang curian.

"Sudah laporan ke Polsek Lowokwaru kemarin," ujarnya. 

Sementara itu, Kapolsek Lowokwaru, Kompol Pujiono, membenarkan adanya laporan kejadian tersebut. Saat ini laporannya sudah diterima petugas. "Masih proses penyelidikan," pungkasnya.