Mendagri Tito Karnavian (kiri) saat menghadiri Pelantikan dan Sertijab Ketua Umum TP PKK Periode 2019 - 2024 di Balai Kartini Jakarta, Selasa (12/11) (Foto: Humas Pemkot Malang)
Mendagri Tito Karnavian (kiri) saat menghadiri Pelantikan dan Sertijab Ketua Umum TP PKK Periode 2019 - 2024 di Balai Kartini Jakarta, Selasa (12/11) (Foto: Humas Pemkot Malang)

Keberadaan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) menjadi suatu hal disoroti pemerintah. Lantaran, banyak hal mengenai kemajuan pembangunan perkembangan kota/kabupaten dalam keluarga turut melibatkan peran ibu.

Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko menyatakan keluarga menjadi basis komunikasi terkecil suatu bangsa untuk menyukseskan pembangunan di segala bidang yang mana hal itu menjadi penekanan penting yang bakal dilaksanakan di Kota Malang.

"Konsep pembangunan harus kita mulai dari pinggiran atau dari bawah, tentu hal tersebut bukan saja pembangunan secara fisik namun juga pembangunan sosial melalui keluarga sebagai basis komunikasi terkecil. Hal itu juga nantinya akan menjadi penekanan pada kami untuk dilaksanakan di Kota Malang," ujarnya, saat menghadiri acara Pelantikan dan Sertijab Ketua Umum TP PKK Periode 2019 - 2024 di Balai Kartini Jakarta, Selasa (12/11).

Ia menambahkan organisasi formal seperti TP PKK mengambil peran penting dalam mewujudkan keluarga yang kuat dan sejahtera. Karenanya, besar harapan agar TP PKK dapat berkolaborasi dengan pemerintah daerah khususnya melalui perangkat daerah dalam menjalankan program-progran di masyarakat.

"Itulah kenapa para istri Kepala Daerah menjadi berperan sangat kuat di TP PKK. Selain berada di Ring 1, mereka juga akan lebih mudah melakukan koordinasi ke segala lini dalam rangka memaksimalkan potensi yang ada. Dan kami selaku pimpinan di daerah akan terus mendukung hal tersebut" imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian berpesan agar setiap wilayah yang masih tertinggal untuk menjadi perhatian khusus di semua dearah. Hal itulah salah satu menurut Bung Edi (sapaan akrab Wawali) yang harus turut dijadikan prioritas juga bagi Pemkot Malang dalam pembangunan daerah.

"Salah satunya melalui dana desa yang selama ini digelontorkan akan menjadi ujung tombak pembangunan bagi kita," pungkasnya.

Dalam acara tersebut juga turut dihadiri oleh Ketua TP PKK Provinsi dan Kabupaten / Kota se - Indonesia, Menteri Kesehatan RI dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.