Perkuat Jati Diri sebagai Kota Heritage, Pemkot Malang Lakukan Ini

Kawasan Balai Kota Malang (Dok. MalangTIMES)
Kawasan Balai Kota Malang (Dok. MalangTIMES)

NGAWITIMES, MALANG – Selain menjadi Kota pendidikan dan kota bunga, Kota Malang kini semakin gencar memperkuat jati diri sebagai kota heritage. Hal itu tampak dari beberapa kegiatan pembangunan yang memang mengarah ke sana.

Mulai dari pengesahan Peraturan Daerah (perda) Cagar Budaya, rencana pembangunan area Kayu Tangan sebagai gerbang pintu kawasan heritage, hingga upaya menciptakan beberapa kampung tematik baru dengan tema yang mengutamakan kearifan lokal dan budaya asli Kota Malang.

Salah satunya melalui rencana pembangunan Kampung Arema yang akan dibangun di kawasan Kelurahan Tasikmadu. Kampung itu nantinya diharapkan memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dengan keberadaan kampung tematik lainnya. "Semua tentang Malang, mulai dari adat istiadat hingga budayanya harus tercermin di kampung tersebut," kata Wali Kota Malang Sutiaji kepada malangtimes.com belum lama ini.

Sutiaji juga menjelaskan, ciri khas itu bukan hanya tercermin dari segi bangunan rumahnya saja, melainkan  juga adat istiadat  yang ada di sana semua akan memunculkan khas malangan.

Untuk mewujudkan mimpi itu, dia bahkan melibatkan beberapa unsur akademisi hingga ahli arsitektur dan budaya. Karena Kampung Arema nantinya memang menjadi salah satu amunisi baru yang diharapkan dapat menjadi salah satu destinasi baru, juga sebagai tempat untuk belajar. "Mulai dari ciri khas bangunannya yang terkenal dengan limasan, makanan tradisionalnya, keseniannya sampai dengan bahasa walikan yang sudah membudaya sejak dulu di kalangan kera-kera ngalam akan ada di dalamnya, " tambah Sutiaji.

Kesemuanya itu, lanjut Sutiaji akan diwujudkan sebagai satu kesatuan utuh di Kampung Arema. Ini juga menjadi salah satu upaya untuk terus melestarikan kebudayaan dan adat istiadat yang sudah diturunkan secara turun temurun sejak masa nenek moyang dulu. 

Pewarta : Pipit Anggraeni
Editor : A Yahya
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]ngawitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]ngawitimes.com | marketing[at]ngawitimes.com
Top