Serapan Pemkot Blitar Rendah di Triwulan Pertama, Ini Penyebabnya

Ilustrasi.(Foto :  Republika)
Ilustrasi.(Foto : Republika)

NGAWITIMES, BLITAR – Serapan anggaran Pemkot Blitar hingga triwulan pertama atau akhir Maret masih mencapai 8,3 persen dari APBD. Serapan tersebut dinilai tidak optimal karena seharusnya sesuai target serapan anggaran di triwulan pertama adalah 12 persen.

“Seharusnya serapan untuk belanja langsung itu 12 persen, tapi ini hanya terealisasi 8,3 persen,” ungkap Kepala Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Blitar Widodo Sapto Johanes.

Penyerapan anggaran yang minim itu karena adanya beberapa proyek strategis yang belum terealisasi di triwulan pertama ini. Maka dari itu, pihaknya meminta OPD untuk mengoreksi sejumlah proyek yang belum terlaksana.

 “Di samping itu, antar-OPD perlu melakukan rapat koordinasi lebih lanjut. Sebab, proyek-proyek harus direalisasikan bersama-sama. Tidak bisa satu OPD melakukan sendiri,” imbuhnya.

Widodo mengatakan, proyek-proyek strategis yang belum juga terlaksana seperti pembangunan Pasar Legi, fiber optik sampai pembangunan lanjutan SMPN 03 Blitar ini karena kurangnya koordinasi antar-OPD terkait. Seharusnya secara teknis perencanaan juga harus mengakibatkan OPD pendukung terkait lainnya.

“Terlebih dengan adanya aturan baru teknis perencanaan ada sebagian OPD yang bimbang. Lebih berhati-hati. Kami minta OPD untuk mempelajarinya lebih dalam lagi,” kata dia.

Widodo mencontohkan beberapa proyek strategis tahun ini yang belum dilaksanakan. Di antaranya pembangunan Pasar Legi. Saat ini proyek senilai Rp 50 miliar itu sedang dalam tahap lelang, baik lelang perencanaan dan pengawasan. Lalu juga review DED-nya.

Untuk pembangunan lanjutan SMPN 03 Blitar, Dinas Pendidikan Kota Blitar masih melelangkan konsultan pengawasan. Kemudian proyek fiber optik juga masih menunggu lelang. “Namun, semua ini sedang proses. Targetnya, triwulan kedua ini semua proyek sudah dilaksanakan,” pungkas Widodo.

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]ngawitimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]ngawitimes.com | marketing[at]ngawitimes.com
Top